Ads 970x90

Tuesday, November 25, 2014

Goa Lalay Sawarna


Assalamu'alaikum Wr. Wb....

Haloo sahabat blogger dan sobat Banten semuanya... :)
Selamat datang kembali guys ^_^
Seperti biasa nih,, ketemu lagi sama saya penghuni Blog indah nan ngangenin ini :p hehehe ...
Oke langsung saja seperti biasa, sesuai dengan judunya, kali ini kita akan berkelana, atau berkenalan dengan Goa LALAY DI SAWARNA ...
Ingat, Goa Lalay, Bukan Goa Alay ... :D
Goa ini terletak di Sawarna..

Sekarang ini siapa yang ga tau Sawarna, ?? desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa Sawarna yang terpadu dan punya "Sejuta" lokasi untuk dikunjungi, Pantai (pastinya), sungai, sawah, goa, olahraga ekstrem, sampe cerita mistis....you named it they have it hehehe..


Keadaan didalam Gua

Menurut para Tokoh disana, Wilayah Sawarna udah dilirik untuk jadi potensi wisata sejak awal tahun 2000-an. Dengan pantai yang memanjang plus pasir putih yang halus, spot sunset dan sunrise, ditambah ombak besar, bukan cuma wisata lokal aja yang dateng, wisatawan asing pun banyak yang kagum2 sama wilayah ini.

First stop yaitu Goa Lalay.
Terletak di kaki Bukit Pasir Tangkil. Untuk menuju kesini, kita kudu jalan kaki. Dari arah penginapan terdekat jaraknya sekitar 2 KM melewati rumah-rumah warga, sampe ketemu sign "Goa Lalay" di kanan jalan. Setelah berbelok kekanan ini, kita akan melihat hamparan sawah ijo. Bener2 seger deh mata kalo liat pemandangan alam yang masih asri kaya gini.

Area Persawahan Didekat Goa Lalay



Setelah jalanan setapaknya habis, kita akan ketemu jembatan gantung, just info, di Sawarna banyak sekali terdapat jembatan gantung dan menurut saya, jembatan ini adalah yang paling layak dan terlihat kekar. Selepas jembatan ini, beberapa kuburan dan pohon bambu akan menyambut di kiri kita, pas nih lokasi buat mba Citra Prima untuk nyari2 mahluk Astral *apalaah inii???.

Gak jauh dari kuburan itu, kalian akan menemukan saung kecil tempat untuk beli tiket dan penyewaan helm+senter (harga sewa Rp. 5000,-, kalo dibutuhkan).

Lalay sendiri di ambil dari bahasa sunda, sama artian dengan kelelawar, Merupakan salah satu alternative wisata sawarna juga, terlebih bagi jiwa yang suka petualang, inilah jawabannya. goa lalay terletak di perbatasan dengan sawarna timur, bisa akses masuk dari kp. Pojok Asem, atau kp. Cipanas, setelah itu anda menyebrangi jembatan gantung cipanas, di sana anda menemukan goa lalay, yang lokasinya tak jauh dari kp. Cipanas- Desa sawarna, di sebut daerah cipedes. Di dalamnya banyak Stalagtit (batu kapur yang tumbuh dari bagian atas goa menuju ke dasar goa), dan stalagmit (tumbuh menjulang dari dasar goa ke atas) terbentuk ribuan tahun, dengan beragam bentuknya, sungguh indah, Tuhan memang Maha Pemilik Seni, setiap ruang punya nilai seni berbeda, Beragam bentuk stalagmit dan stalagtit, ada yang bilang seperti candi, patung, dan sebagainya.

  




Itu dia beberapa frame cuplikan mengenai Goa Lalay ...
Adakah dari kalian yang minat untuk mengunjunginya ??
Semoga kalian semua diberikan Rizki serta Waktu dan Kondisi yang Prima supaya bisa merasakan Indahnya mengelilingi Goa Lalay ini :D hahaha...

Oke guys, mungkin untuk pembahasan kita mengenai Goa Lalay ini cukup sampai disini, dilain waktu mungkin akan kita bahas mengenai tempat wisata yang lain yang nggak kalah Amazing nya dengan yang satu ini ...

Jika kalian nih, ada yang mau menambahkan atau berbagi pengalaman bagi yang sudah pernah berkunjung, silahkan ditambahkan di kolom komentar ... :)
atau jika ada kata-kata yang tidak sesuai, silahkan di koreksi juga kesalahannya di komentar.. demi kesempurnaan artikel ini agar bisa berguna bagi kita semua, terutama wisatawan yang sedang mencari tempat destinasi ^_^

Source image : cool4myeyes.com

0 komentar